^_^

Markaz Pelangi.blogspot.com - Supported By Ummu Sakha - copyright © 2009

Saturday, 8 October 2011

Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat



Ciri-cirinya:
- Belah ketupat adalah sebuah segi empat yang diperoleh dengan mempertemukan alas dua segitiga sama kaki yang sama persis (kongruen)
- Memiliki 4 sisi yang sama panjang
AB = BC = CD = DA

Rumus Luas dan Keliling
Luas = ½ x diagonal1 x diagonal2
= ½ x AC x BD
d = diagonal.

Keliling = 4 x sisi
= 4 x AB
= AB + BC + CD +AD

Contoh Soal:
1. Panjang sisi belah ketupat = 5 cm, berapakah kelilingnya ?
Jawab : Keliling = 4 x sisi
= 4 x 5 cm
= 20 cm

2. Suatu bangun belah ketupat ABCD mempunyai panjang diagonal AC = 7cm, dan
Panjang diagonal BD = 6 cm, berapa luas belah ketupat tersebut ?
Jawab :

Panjang AC = 7 cm
Panjang BD = 6 cm
Luas =1/2 x AC X BD
Luas 1/2 x 7 cm x 6 cm = 21 cm2

 Jika ada pertanyaan seputar matematika SD SMP add aja FB: Ira Rusdiana (ummu_sakha@yahoo.co.id dengan kirim ke inbox. Jika tidak mengirim pesan maka tidak akan di respon. Thanks guys. ^Selamat belajar ya...^

33 comments:

  1. Mau tanya gan, cara mencari sisi yang hilang gimana? Tahnks ...

    -Anonymous-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan rumus phitagoras.

      Delete
    2. Iya tapi gimana

      Delete
    3. mau tanya dong, cara nyari keliling ABCD, tapi ga di ketahuin panjang sisinya.. yg di ketahui cuma luas ABCD ama Diagonalnya

      Delete
  2. Kembalikan ke rumus luas.
    Contoh diketahui d1=16cm. Luasnya = 96cm2. Berapakah diagonal yang lain?
    Jawab : L= (d1xd2)/2
    96 = (16 x d2)/2
    96 x 2 = 16 x d2
    192 = 16 x d2
    d2 =192/ 16
    d2 = 12
    jadi d2 adalah 12

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nanya nih gan
      fatah belah ketupat K L M N dengan diagonal km 24 cm. jika luar belah ketupat 384 cm kuadrat. keliling belah ketupat tersebut adalah

      Delete
    2. d2= (Lx2)/d1=(384x2)/24=384/12=32cm
      1/2 d1 = 24/2 = 12 cm
      1/2 d2 = 32/2 = 16 cm

      maka sisi KL=LM=MN=NK= Akar kuadrat dari 12 kuadrat ditambah 16 kuadrat = v (144+256)= v 400 = 20 cm
      sehingga Keliling = 4 x sisi = 4 x 20 = 80 cm


      Delete
    3. Mau tanya . Jika diketahui belah ketupat mempunyai keliling 100 cm dan panjang salah satu diagonalnya 40 cm . Luas belah ketupat tersebut berapa ? Terimakasih

      Delete
    4. mau tanya dong.keliling sebuah belah ketupat KLMN = 60 cm. Panjang kedua diagonalnya 3:4. Luas nya berapa sih?
      tolong dijawab secepatnya, ama cara juga yah!!...
      thanks

      Delete
    5. mau tanya dong. keliling sebuah belah ketupat KLMN = 60 cm. perbandingan panjang kedua diagonalnya 3:4. berapa sih luasnya? mohon dijawab secepatnya ya pake caranya juga, thanks

      Delete
    6. Keempat sisi belah ketupat adalah sama panjang, dan itu sebagai sisi miring dari segitiga siku-siku
      /I
      /_I

      sehingga panjang salah satu sisi miring segitiga atau salah satu sisi belahketupat misal KL=60:4=15cm

      dan perbandingan setengah diagonal masing-masing juga sama 3:4, sedangkan perbandingan pitagoras 3:4:5

      Katakan titik tengah diagonal adalah OK=OM, OL=ON

      maka,
      OK=OM= OK/KL x 15 = 3/5 x 15 = 9cm
      OL=ON= OL/KL x15= 4/5 x 15 = 12cm

      Jadi panjang diagonal KM adalah 2x9 = 18cm
      panjang diagonal LN adalah 2 x 12 =24cm

      Sehingga jika ingin mencari luas belah ketupat adalah 18x24 = 432cm2

      Delete
  3. kalau d1 = 12, dan d2=14, maka cara penyelesaian kelilingnya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mencari keliling, cari dulu sisinya. untuk mencari sisinya yaitu dengan cara pitagoras salah satu segitiga yaitu:
      1/2 d1 = 12/2 = 6 cm
      1/2 d2 = 16/2 = 8 cm

      maka sisi = akar dari (6 kuadrat + 7 kuadrat )
      = 36 + 64 = V 100=10
      sehingga keliling = 4 x sisi = 4x 10=40

      Delete
  4. Cara nyari ini gimana :belahktpt luasnya 216cm2,salah satu diagonalnya 24 cm,keliling belahktpat adalah ? Di sini saya bingung cra mencari sisinya . Mhn d reply :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dengan pertanyaan pertama (anonymous)

      Dikembalikan ke rumus luas.
      L= 1/2(d1.d2)
      d2 = 2xL/d1
      = 2x216/24
      = 432/24
      = 18 cm
      untuk mencari sisi dengan cara pitagoras dari setengah masing-masing diagonalnya, karena sisi belahketupat merupakan apotema(segitiga siku-siku dari setengah masing-masing diagonalnya
      1/2 d1 = 24/2=12
      1/2 d2 = 18/2=9
      maka sisinya = akar (12 kuadrat + 9 kuadrat)
      = akar (144+81)
      = akar 225
      = 15 cm

      Delete
  5. Mau tanya ? Kalo semisal ada soal luas sebuah belah ketupat 240 cmpersegi.Jika panjang salah satu diagonalnya 16 cm. Maka kelilingnya ? Gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara sama dengan atas, setelah ketemu sisinya maka keliling = 4 x sisi

      Delete
  6. Jika kedua diagonal diketahui, bisakah dicari panjang keempat sisi yg lain?

    ReplyDelete
  7. Alas sebuah prisma brbntuk blah ketupat dgn panjang sisi 10cm dan panjang diagonal masing" 12cm dan 16cm. Jika tinggi prisma 20cm brp Luas prisma??? Cara ny gimana??

    ReplyDelete
  8. jika diketahui kelilingnya = 60 cm , sisi CE = 12 cm , sisi AC = ?? .. cara/ rumusnya gmna ya gan ? trims

    ReplyDelete
  9. keliling belah ketupat ABCD 42 cm, sedangkan pajang salah satu diagonlnya 10 CM berapakah
    a. diagonal yang alin
    b. luas belah ketupat


    bagaimana caranya?

    ReplyDelete
  10. Mau nanya nih
    Jika salah satu diagonal belah ketupat panjangnya 36cm sedangkan kelilingnya 120 cm.tentukan panjang diagonal yg lain

    ReplyDelete
  11. Keliling belah ketupat 100 cm.
    Panjang salah satu diagonalnya 14 cm.
    Luas belah ketupat ????
    (Kasih tau caranya dong..!! Aku ngak ngerti,aku udah ngeliat coment yang lain,tapi masih ngak ngerti..!!)

    ReplyDelete
  12. mau nanya juga nih gan
    Belah ketupat memiliki d1=18 cm dan d2=(2x+3) cm
    jika luas belah ketupatnya tsb adalah 81cm2
    maka tentukanlah nilai x??
    tolong ya gán!
    soalnya ane butuh banget!!!
    PLISSSS!!!!
    jawab ya gan!!! :')

    ReplyDelete
  13. Mau nanya nih. Diketahui layang-layang yang mempunyai panjang yang salah satu diagonalnya 16 cm dan luasnya 168 cm². Jika sumbu simetri terbagi 2 dalam perbandingan 2:5, maka keliling layang-layang itu adalah

    ReplyDelete
  14. Nanya dong gimana cara jalannya kalao soalnya ' luas sebuah belah ketupat 240 cm kuadrat. Jika panjang salah satu diagonalnya 16 cm, maka keliling belah ketupat itu adalah'




    ReplyDelete
  15. Kalo pertanyaannya gini "dari belah ketupat KLMN diatas,panjang kedua diagonalnya masing2 adalah 42cm&144cm . Tentukan keliling belah ketupat tersebut"

    ReplyDelete
  16. Klo Diketahui panjang PR = 42 cm dan luas PQRS = 1.176 cm dua kecil
    keliling belah ketupat PQRS adalah.... cm

    ReplyDelete
  17. Mau nanya diketahui panjang PR = 24 cm dan luas PQRS = 1.176 cm perkubik .
    keliling belah ketupat PQRS adalah... cm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diket : d1 = 42
      L = 1,176
      Rumus luas adalah =(d1 xd2)/2
      d2 =(2 x L )/d1
      = (2x1176)/42
      =2352/42
      =56 cm
      d2 = QS = 56 cm
      Maka sisi PQ = akar (42 kuadrat +56 kuadrat)
      = akar (1764 + 3136 )
      = akar 4900
      = 70 cm

      Jika keempat sisi belah ketupat adalah sama panjang maka kelilingnya adalah
      4x70 = 280 cm

      Delete
  18. kalo misalnya, alas sebuah prisma berbentuk belah ketupat dengan panjang diagonal 18cm dan 24cm. bila tnggi prisma itu 10cm, maka luaspermukaan prisma adalah?

    ReplyDelete
  19. gan, gimana caranya mencari diagonal belah ketupat bila diketahui kelilingnya saja? thanks..

    ReplyDelete