^_^

Markaz Pelangi.blogspot.com - Supported By Ummu Sakha - copyright © 2009

Saturday, 8 October 2011

Rumus Luas dan Keliling Layang-Layang




Ciri-Cirinya :
- Asalnya dari dua segitiga sama kaki dengan kedua alasnya sama panjang dan berimpit.

- Memiliki 2 pasang sisi sama panjang; AD = CD
dan AB = CB

- Mempunyai sepasang sudut yang sama yaitu < A =
- Diagonal terpanjang merupakan sumbu simetri( BD )

Rumus Luas = ½ x diagonal1 x diagonal2
= ½ x AC x BD
d = diagonal.

Keliling = 2 ( a + b )
= 2 AB + 2 AD
= AB + BC + CD +AD


Contoh soal
1. Panjang suatu diagonal layang-layang adalah 15 cm dengan luas 45 cm2
Berapakah panjang diagonal layang-layang yang satunya? (sumber: belajar-matematika.com)

Jawab :
L =1/2 x diagonal 1 x diagonal 2
45 cm2 =1/2 x 15 cmx diagonal 2
Diagonal2= (2 x 45)/15 = 90 / 15 = 4 cm


 jika ada pertanyaan yang ingin dibalas dengan cepat add fb: Ira Rusdiana (ummu_sakha@yahoo.co.id)

15 comments:

  1. makasih ya kk aku jadi bisa ngerjain tugas presentasi matematika ku

    ReplyDelete
  2. kak,saya bingung, soal di buku saya mencari d1 dan d2. gimana caranya ? contohnya :sebuah layang-layang luasnya 800 cm mempunyai diagonal sama panjang. Berapa panjang kedua kerangka layang-layang tersebut ? tolong ya kak dibalas, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal dikembalikan ke rumus luas layang-layang. L=(d1xd20)/2, Karena d1=d2, maka d1=d2=d, jadi:
      800=(dxd)/2
      800 x 2 = d^2 (d kuadrat)
      1600 = d^2
      d = V 1600 (d sama dengan akar 1600)
      d = 40

      Delete
  3. Bila hanya diketahui kedua diagonalnya, mk, akan dpt ditemukan luasnya kan kak? Tapi, dari luas dan diagonal itu, bisa nggak, kita cari panjang masing2 empat sisinya?

    ReplyDelete
  4. Bisa, yaitu dengan cara pitagoras. Perpotongan diagonalnya membentuk segitiga siku-siku, maka bisa dicari dengan pitagoras.

    ReplyDelete
  5. kalau rumus mencari panjang sisi gimana ya kakak?

    ReplyDelete
  6. kak, saya punya soal begini:

    sebuah layang-layang di ketahiu:
    keliling 66cm panjang bc:20 cm dan bd:24cm
    tentukan luas layang tsb!

    cara kerjain soal ntu caranya gmana kak?

    ReplyDelete
  7. Maaf...bukan 4 cm tapi 6 cm ! Peace n GBU.

    ReplyDelete
  8. 6 cm bukan 4 cm, kak. Peace n GBU.

    ReplyDelete
  9. kak punya soal kayak gini dik luas layang 130 cm2 jika panjang sisislah stu sisix 13 berapa panjang diagonal yang lain?
    cara ngerjainx gmn tuh

    ReplyDelete
  10. kak gimana ini soalnya "diketahui luas sebuah layang-2 130cm jika pjg slah satu sisinya 13cm brp pjg diagonal yg lain ?? dijawab yah!

    ReplyDelete
  11. 90/15 = 6 kali ya

    ReplyDelete
  12. Mau nanya nih 'pada layang layang ABCD, panjang AB=20 cm, BC=13cm, dan diagonalnya BD=24 cm. Luas layang layang ABCD adalah?'

    ReplyDelete
  13. kak,jika panjang diagonal sebuah belah ketupat adalah 6 cm dan 8 cm,tentukan luas dan keliling layang layang itu?

    ReplyDelete
  14. Wah ini mudah sekali.
    Untuk luasnya = (d1 x d2 )/2 = 6 x 8 /2 = 48/2 = 24 cm2
    Keliling, karena diagonal belah ketupat masing-masing membagi 2 sama panjang maka kita ambil setengah diagonal. lalu tentukan salah satu sisi miring (keliling ) dengan cara phytagoras.
    s= akar dari 3 kuadrat ditambah 4 kuadrat
    = akar 9 ditambah 16
    = akar 25
    = 5
    jadi kelilingnya = 4 x 5 = 20cm

    ReplyDelete