^_^

Markaz Pelangi.blogspot.com - Supported By Ummu Sakha - copyright © 2009

Tuesday 11 October 2011

Mengapa semua benda yang dilemparkan selalu jatuh ke bawah?


GAYA GRAFITASI

Maisha, profesor cilikku semakin hari tingkahnya makin membuatku kewalahan. Gak geraknya yang bikin kepala mumet, kesana kemari,naik turun tangga kursi, sampai celothehannya yang gak berhenti-berhenti. Kadang dalam hati aku pengen bilang, "Udah diam, jangan ngomong terus, Berisik!!!". Tapi aku sadar kalau Maisha sebenarnya anak yang cerdas jadi kalau kegiatannya terlalu sering dilarang malah akan mematikan potensinya. Hanya saja sekarang ini aku kurang memperhatikannya, semenjak hadirnya si dedek kecilnya, Yasmin.
Kesadaranku makin nyata-bahwa potensi Maisha seharusnya dikembangkan bukannya dilarang dengan memarahinya atau menghetikan aktivitasnya-ketika suatu hari Maisha "Sang Astronot Kecil"ku bertanya:" Umi, kenapa sih kok semua benda kalau dilempar begini selalu jatuh ke bawah?"sambil memperagakan tangannya yang melempar sebuah benda dari atas ke bawah. Aku sedikit terkejut mendengar pertanyaannya, anak usia 5th sudah berfikir tentang Grafitasi. Dengan agak ragu tapi tetap aku berusaha untuk menjelaskannya dengan hati-hati agar bahasaku dapat dengan mudah dimengerti olehnya.
" Begini nak, bumi yang kita tinggali mempunyai gaya Grafitasi, yaitu gaya tarik bumi, sehingga setiap benda yang dilempar dari atas pasti jatuh kebawah.Sedangkan diluar angkasa seperti di bulan atau di planet Mars tidak punya atau grfitasinya sangat kecil sehingga kita tidak jatuh ke bawah tapi melayang-layang di angkasa. (Kebetulan Maisha sudah pernah membaca buku tentang Astronot, Bulan, Planet, dan luar angkasa dan kehidupannya.
Alhamdulillah, Allah mengaruniai kami anak seperti Maisha, cerdas seperti namanya, karena nama adalah do'a (Rumaisha sakha Aqilah:Wanita pejuang yang dermawan lagi cerdas) . Meskipun aku harus ekstra keras untuk bersabar menghadapi tingkah polahnya. Hmmmm...Maisha mudah-mudahan kau nanti akan menjadi orang yang berguna, kalaupun menjadi ilmuwan, jadilah ilmuwan yang tidak meninggalkan kodratmu sebagai perempuan. Cendikiawanita muslim, seperti Aisyah,ra.

No comments:

Post a Comment