^_^

Markaz Pelangi.blogspot.com - Supported By Ummu Sakha - copyright © 2009

Tuesday 11 October 2011

Mengapa Banyak Orang Beranggapan Bahwa Matematika itu Sulit?

Memang benar Matematika dianggap sulit oleh beberapa orang, bahnkan ada juga yang menganggap Matematika itu adalah momok. Sebenarnya Matematika tidak sesulit dan semenakutkan seperti itu, semua tergantung pada individunya masing-masing. Mungkin salah satu alas an mengapa mengapa kadang banyak orang beranggapan bahwa Matematika itu sulit karena mereka belum atau tidak mengenal Matematika. Sama sperti pepatah, “ tak kenal maka tak saying “, hal tersebut seharusnya diterapkan juga pada Matematika. Karena belum mengenal metematika dan langsung beranggapan bahwa Matematika itu sulit, jadi orang tersebut akan mendapatkan kesulitan dalam mengerjakan Matematika. Menurut saya, orang selalu menilai bahwa Matematika itu sulit sehingga tidak tertanam rasa suka terhadap matematika.
Alasan lain orang beranggapan bahwa Matematika sulit karena merupakan ilmu pasti, yang selalu berhubungan dengan angka. Matematika selalu berhubungan dengan angka dan angka, anggapan orang angka itu adalah sesuatu yang rumit. Karena dianggap rumit, lalu orang tersebut malas untuk belajar matematika, kemudian apabila ada permasalahan Matematika ia tidak bias mengerjakannya. Pada ahirnya ia pasti beranggapan Matematika itu sulit. Karena ilmu pasti, jadi jawaban atau solusi pada persoalan Matematika itu juga pasti.
Selain kedua alasan tersebut, ada beberapa alasan yang lain. Diantaranya adalah faktor dari guru, mungkin dulu pernah bertemu dengan guru matematika yang kurang disukai (galak atau membosankan) sehingga membuat ia menjadi tidak suka matematika, kemudian menganggap bahwa matematika itu sulit. Metode guru mengajar juga berpengaruh dalam penanaman anggapan orang bahwa matematika itu sulit. Contohnya, apabila guru mengajar, hanya diterangkan saja, siswa menjadi bosan, sehingga pelajaran tidak dapat diterima dengan baik. Lalu anak tersebut menjadi tidak suka terhadap matematika, lalu menganggap bahwa matematika itu sulit.
Mitos bahwa matematika itu sulit sampai sekarang masih ada, sehingga hal tersebut juga mempengaruhi anggapan orang, kalau matematika itu sulit. Kemudian orang jadi takut dengan pelajaran matematika. Matematika adalah ilmu hitung, jadi harus banyak latihan agar dapat mendalami pelajaran matematika. Mulailah menyukai matematika, agar anggapan bahwa matematika itu sulit dapat terhapuskan.

(Sumber: http/www.princeofmathematic.blogspot.com)

4 comments:

  1. Pak job Ads and advertisements for
    Karachi,Lahore,Quetta,Peshawar,Multan,
    Hyderabad,Rawalpindi,Islamabad
    and http://allpkjobz.blogspot.comall
    cities of Pakistan

    ReplyDelete
  2. Saya juga waktu sd gak suka sama mtk hehehe... Karena pengaruh mitos kali ya sob :D

    ReplyDelete
  3. Sepertinya salah satu tantangannya itu ya: 'membangkitkan suka'
    Karena itu (suka) kan harus dari dalam, tidak bisa diperintahkan dari luar.

    ReplyDelete